Berita

Ketika Kader Dai Pelosok Negeri Ngajar Ngaji di TPA Lansia

Para santri Program Kader Dai Pelosok Negeri laksanakan  Safari Dakwah, Ngajar Ngaji di TPA Lansia (Lanjut Usia) di Dusun Bancak Kulon, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah (26/01/2024).

Momen langka terlihat di Masjid Al Ikhlas Dusun Bancak Kulon, Sawangan Kab. Magelang. Pemandangan itu berupa proses belajar dan mengajar Al Qur’an yang biasanya disebut dengan TPA (Tempat Pendidikan Al Qur’an). Namun uniknya TPA tersebut tidak seperti TPA pada umumnya. “Santri” TPA di Dusun Bancak Kulon tersebut adalah para Lansia (Lanjut usia) bukan anak-anak sebagaimana TPA pada umumnya.

Para “santri” Lansia terlihat sangat bersemangat dalam belajar. Hal itu telihat dari kesungguhan dan keseriusan mereka dalam belajar Iqro’ dan Al Qur’an. Walaupun umurnya sudah tua dan tentunya lidah juga sudah kaku dalam melafalkan huruf-huruf Al Qur’an, tetapi semangat belajarnya sangat luar biasa. Bahkan ada beberapa santri Lansia yang harus berjalan beberapa kilometer untuk sampai di TPA Masjid Al Ikhlas.

Pada kesempatan kali ini para pengajar di TPA Lansia adalah para santri Kader Dai Pleosok Negeri yang sedang melaksanakan Safari Dakwah. Program ini merupakan program “latihan berdakwah” bagi santri program Kader Dai Pelosok Negeri yang di support oleh Mitra Dai Nusantara (MDN). Kegiatan mengajar di TPA Lansia merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh para santri program Kader Dai pelosok Negeri. Selain mengajar TPA lansia banyak kegiatan yang dilakukan dalam Safari Dakwah tersebut mulai ngajar ngaji anak-anak, kerja bakti, silaturahim tokoh, tebar Al Qur’an dan kegiatan sosial keagamaan lainnya.

Para santri diterjunkan langsung ke tengah masyarakat untuk memberikan kontribusi real khususnya dalam bidang sosial keagamaan. Program Safari Dakwah ini dimaksudkan  agar seluruh santri program Kader Da’i Pelosok Negeri memiliki kemampuan berdakwah, sebelum nantinya benar-benar diterjunkan untuk memberikan pencerahan ke daerah-daerah yang ada di pelosok negeri. Pada Safari Dakwah kali ini ada 14 santri program Kader Dai  Pelosok Negeri yang mendapat tugas “Berdakwah” di kota Magelang. Kegiatan Safari Dakwah ini dilaksanakan selama 26 hari yaitu mulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 10 Februari 2024.

Pak Ragil, salah satu penggerak TPA Lansia yang tinggal di dusun Bancak Kulon merasa sangat gembira atas kedatangan para Kader Dai Pelosok Negeri tersebut. Selain sebagai penggerak, Pak Ragil juga merupakan “santri” di TPA Lansia tersebut. Pak Ragil termasuk dalam katagori “santri” yang kemampuan membaca Al Qur’an nya sudah mulai lancar. Saking akrabnya dengan para Kader Dai Pelosok Negeri, Pak Ragil juga sering mengajak mereka singgah dan beramah tamah di rumahnya.

Kami sangat bahagia dengan kedatangan adik adik ini. Lebih lebih mau membantu ngajar ngaji kami kami yang sudah tua ini. Semoga program seperti ini bisa rutin dilakukan sehingga kami yang disini mendapatkan manfaatnya”. Paparnya

Kegiatan TPA Lansia tersebut tidak hanya di masjid Al Ikhlas saja melainkan di beberapa masjid yang tersebar di kota Magelang. Tercatat ada beberapa masjid yang menjadi ladang dakwah para santri Kader Dai Pelosok Negeri. Yaitu masjid Mujahidin Muntilan, At Taqwa Cilebung, Sawangan, Masjid As Shohabah Tanen, Masjid Al Burhan Kerinjing, masjid Darruhman Pakis, masjid Al Muttaqin Mulungan, Masjid Al Furqon Sawangan dan Masjid Al Islam Sawangan.

Randi, Salah satu santri program Kader Dai Pelosok Negeri yang ikut terlibat mengajar di TPA Lansia menyampaikan bahwa banyak ilmu dan pengalaman baru yang ia dapatkan. Pengalaman paling berkesan yaitu ketika bisa mengamalkan ilmunya walaupun cuma sedikit. Apa yang ia pelajari tentang membaca Al Qur’an benar-benar terasa manfaatnya ketika mengajar di TPA Lansia tersebut. Pemuda kelahiran Luwu Sulawesi Selatan tersebut juga merasa sangat bersyukur dengan ilmu yang telah ia kuasai khususnya terkait Al Qur’an. Karena ternyata masih banyak masyarakat umum yang belum bisa membaca Al Qur’an padahal sudah lanjut usia.

Alhamdulillah bisa dapat pengalaman yang sangat luar biasa. Ilmu saya yang sedikit ini ternyata sangat bermanfaat bagi mereka. Saya juga jadi merasa sangat bersyukur, dengan ilmu yang sudah saya pelajari khususnya terkait dengan Al Qur’an karena ternyata banyak orang tua yang belum bisa membaca Al Qur’an ”. ujarnya (Sang Pejuang)

 

Untuk mendukung program beasiswa Kader Dai Pelosok Negeri, bisa transfer ke

BNI 6111442022

Muamalat 7020040540

a.n Mitra Dai Nusantata

Konfirmasi : https://wa.me/6282136559944

 

 

Mari kita dukung program Mitra Dai Nusantara

Silahkan berdonasi langsung ke BNI : 611 1442 022, Muamalat: 702 0040 540
A.n. Mitra Dai Nusantara

Bagikan tulisan ini!

Ajak keluarga, saudara, dan kawan untuk mendapatkan inspirasi

Satu pemikiran pada “Ketika Kader Dai Pelosok Negeri Ngajar Ngaji di TPA Lansia”

Tinggalkan komentar