Berita

Hidupkan Lentera Dakwah di Kampung Mualaf

Santri Program Kader Dai Pelosok Negeri laksanakan  Safari Dakwah di kampung mualaf Desa Argosari Kec. Senduro. Kab. Lumajang. (2/2/24)

Selama 26 hari santri Program Kader Dai  Pelosok Negeri melaksankan Safari Dakwah di Desa Argosari, Kec. Senduro, Kab. Lumajang. Kegiatan tersebut dilaksankan mulai tanggal 15 Januari sampai dengan tanggal 10 Februari 2024. Program Safari Dakwah tersebut merupakan program “latihan berdakwah” bagi santri Program Kader Dai Pelosok Negeri. Sebagai catatan bahwa Program Kader Dai Pelosok Negeri ini merupakan program yang di support oleh Mitra Dai Nusantara (MDN).

Dalam Safrai Dakwah tersebut, para santri diterjunkan langsung ke tengah masyarakat untuk belajar sekaligus memberikan kontribusi real khususnya dalam aspek sosial keagamaan. Program ini dimaksudkan  agar seluruh santri Program Kader Dai Pelosok Negeri memiliki pengalaman dan  kemampuan berdakwah yang baik, sebelum nantinya benar-benar ditugaskan berdakwah ke daerah-daerah yang ada di seluruh pelosok negeri.

Desa Argosari menjadi salah satu pilihan untuk kegiatan Safari Dakwah karena di desa tersebut merupakan kampung mualaf. Realitanya memang banyak mualaf yang sangat memerlukan penguatan diaspek keagamaan. Selain itu desa yang terkenal dengan label desa wisata tersebut juga merupakan desa binaan dari Program Kader Dai Pelosok Negeri. Hampir disetiap tahunnya para santri Program Kader Dai Pelosok Negeri melakukan kegiatan pembinaan secara rutin.

Untuk tahun ini, tercatat 4 santri Program Kader Dai Pelosok Negeri ditugaskan “berdakwah” di Desa Argosari tersebut. Keempat santri tersebut yaitu Suryadi, Dawud, Mujahid dan Abdullah Tono. Selama menjalankan tugas dakwahnya mereka tinggal  di bangunan rintisan sebuah pondok pesantren yang terletak di dusun Nggedok.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para santri Kader Dai Pelosok Negeri selama menjalankan program Safari Dakwah. Kegiatan tersebut diantaranya yaitu menjadi imam dan guru ngaji di beberapa masjid dan mushola, silaturahim ke masyarakat, mengajar TPA, ikut kerja bakti bersama masyarakat, para santri juga dilibatkan mengajar di TK. Ketujuh kegiatan tersebut menjadi aktivitas rutin harian mereka.

Kedatangan mereka di desa wisata itu disambut baik oleh Pak Toni, salah satu warga Dusun Nggedok Desa Argosari yang juga diamanahi sebagai Takmir Masjid Jabal Rohmah. Pria paruh baya tersebut juga sebetulnya adalah seorang Mualaf. Agama yang dianut Pak Toni sebelumnya adalah Hindu, kemudian di tahun 2007 beliau masuk Islam. Pak Toni menyampaikan bahwa dia merasa senang dengan kedatangan santri Kader Dai Pelosok Negeri yang melakukan Safari Dakwah di desanya. Bahkan beliau berharap program Safari Dakwah tersebut bisa dilakukan secara rutin. Beliau juga menyampaikan bahwa semenjak ada para santri Kader Dai Pelosok Negeri, anaknya menjadi rajin untuk sholat dan ngaji.

Alhamdulillah terimakasih, kami merasa senang atas kedatangannya adik adik ini. Kalau bisa program seperti ini dilakukan rutin disini. Secara pribadi saya juga sangat merasakan manfaatnya. Karena sejak hadirnya para santri Kader Dai ini, anak saya jadi semangat pergi sholat dan ngaji”. Ujarnya

Sementara itu Suryadi, salah satu santri Kader Dai Pelosok Negeri menyampaikan bahwa “berdakwah” di desa yang terkenal dengan sebutan “Negeri atas awan” tersebut memiliki tantangan tersendiri. Selain minimnya ilmu agama di masyarakat, hal yang paling terasa yaitu bahwa perhatian dan kepedulian masyarakat akan pendidikan masih sangat kurang. Bahkan pemuda asal Flores tersebut menambahkan untuk anak anak kecil yang belajar di TK dan TPA, tidak jarang gurunya yang lama menunggu para muridnya hadir. Sering juga muridnya tidak hadir semua.

Iya Safari Dakwah disini sangat berkesan dan menantang sekali.  Yang kami rasakan bahwa selain minimnya pemahaman keagamaan, kepedulian masyarakat akan dunia pendidikan juga sangat kurang. Banyak anak anak yang lebih memilih bekerja dari pada sekolah. Di TK dan TPA sedikit jumlahnya. Bahkan tak jarang juga muridnya tidak hadir semua”. Ujarnya (Sang Pejuang)

Mari kita dukung program Kader Dai Pelosok Negeri

More info: 082136559944 (WA)

No Rek: BNI : 611 1442 022,

Muamalat: 702 0040 540

A.n. Mitra Dai Nusantara

Mari kita dukung program Mitra Dai Nusantara

Silahkan berdonasi langsung ke BNI : 611 1442 022, Muamalat: 702 0040 540
A.n. Mitra Dai Nusantara

Bagikan tulisan ini!

Ajak keluarga, saudara, dan kawan untuk mendapatkan inspirasi

Tinggalkan komentar